Rabu, 18 Maret 2020

Nama  : Muhammad Iqbal
NPM    : 1B119006
Kelas   : 2KA30
Tugas   : Manajemen Layanan Sistem Informasi #



A. Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi

Berikut adalah manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi bagi Lingkungan Sekitar:
  1. Menambah kecepatan akses/aksesibilitas data yang tersaji tepat waktu dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut tanpa adanya suatu perantara sistem informasi.
  2. Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi secara baik dan benar.
  3. Mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  4. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.

B. Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi

Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar adalah sebagai berikut :

1. Mendukung Operasional Bisnis.

Manajemen layanan sistem informasi telah menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan masyarakat sehari-hari.

2. Mendukung Keunggulan Strategis.

Sistem informasi yang telah dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran yang dapat membantu individu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.

3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan

Perencanaan Strategi Perusahaan dilakukan untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.

4. Meningkatkan Aksebilitas Data

Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi.

5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh

Meningkatkan strategi mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.

6. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Manajemen layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Semakin meningkatnya suatu persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.

C. Contoh Implementasi

1. E-Learning


Ini adalah contoh pertama dari sistem informasi yaitu dalam bidang pendidikan. E learning atau electronic learning merupakan sistem informasi yang diterapkan dalam sekolahan. Penerapan sebuah data yang diproses dan disebarkan melalui teknologi.

Banyak sekali manfaat dari hadirnya sistem informasi di bidang pendidikan ini, diantaranya kemudahan. Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya berupa penghematan waktu, tapi juga penghematan kertas. Karenanya contoh dari sistem informasi ini sangat berguna dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. E-Banking


Sistem informasi ini digunakan di bank. Pihak yang mengelola sistem informasi ini biasanya adalah pihak pekerja bank yang terkait. Orang-orang tersebut adalah orang yang memang mengerti penggunaan sistem informasi ini.

Cara kerja e banking ini sangat mudah, contohnya SMS Banking. Untuk melakukan transaksi dengan metode ini seseorang hanya harus mengirimkan SMS dengan format tertentu. Lalu nantinya format ini akan dikirimkan ke nomor yang sudah ditentukan, jadi seseorang tidak perlu repot pergi ke bank.

3. E-Commerce


Contoh penerapan sistem informasi selanjutnya adalah e commerce atau perdagangan online. Ini mungkin salah satu contoh yang paling banyak diterapkan dan dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali layanan e commerce yang tersebar di masyarakat Indonesia pada masa sekarang.

Perdagangan online ini cara kerjanya juga mempermudah proses perdagangan yang ada. Metode kerjanya pun mudah dimana seseorang hanya perlu memasukkan pencarian barang yang diinginkan lalu pilih beli. Nanti komponen sistem informasi berupa output akan muncul yakni barang yang dibeli tadi.



Referensi :



0 komentar:

Clock

Gunadarma University

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.