Kamis, 24 Oktober 2019

Nama Kelompok :
  1. Muhammad Iqbal (1B119006)
  2. Armanda Sugara (1B118078) 
  3. Luthfi Gunawan (1B119004) 
Kelas : 2KA30 

Tugas : Inovasi SI & New Technology # 

Dosen : Dian Gustina, S.Kom., MMSI

========================================================================================


A. Instagram Insight (Instagram Analytics) 

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan Instagram marketing adalah Instagram Insights. Instagram Insights (Instagram Analytics) adalah fasilitas analitik yang diberikan oleh Instagram untuk pemilik akun bisnis. Dengan memakai Instagram Analytics, kita bisa mendapatkan berbagai data terkait kinerja akun Instagram kita. Contoh data yang bisa didapat misalnya:
  • Data demografi pengikut akun Instagrammu, 
  • Data jangkauan dan engagement pada konten Instagram, 
  • Data jumlah tayangan profil Instagram, 
  • Dan banyak lagi. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan Instagram Insights? 

Jika selama ini masih menggunakan akun personal, maka hal yang harus dilakukan adalah merubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Caranya adalah sebagai berikut : 

1. Buka profil Instagram 
2. Silahkan buka pengaturan profil dari Instagram



3. Silakan klik opsi swtich to business profile (beralih ke akun bisnis) 



4. Lanjutkan proses perubahan ke akun bisnis. Silakan ikuti alur yang disediakan oleh Instagram. 
5. Saat beralih ke akun bisnis, kamu juga bisa menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook milikmu. 



6. Sekarang kamu sudah berhasil beralih ke akun bisnis. Kamu bisa menikmati fitur Instagram Analytics. 


Mengakses Data-Data di Instagram Analytics 

Untuk mengakses data Instagram Analytics, berikut langkah yang dapat kamu lakukan. 

1. Masuk ke profil Instagrammu. Di profil Instagram, klik ikon grafik statistik yang ada di bagian atas profil. 




2. Lalu muncul beberapa tab di Instagram Insights. Pertama, ada tab activity. 

3. Di bagian interactions, terlihat jumlah tindakan yang didapat oleh akun Instagrammu. 
  • Di bagian profile visits, kamu bisa melihat jumlah kunjungan yang didapat oleh profil Instagrammu. 
  • Di bagian emails, kamu bisa melihat jumlah k lik email yang terjadi di akun Instagrammu. 
  • Demikian pula kamu bisa lihat data-data aktivitas/tindakan lainnya. 




4. Lanjut ke bagian discovery. Di bagian ini kamu bisa melihat data jumlah jangkauan konten Instagrammu. 
  • Reach : menampilkan jumlah akun Instagram yang bisa dijangkau oleh akun Instagrammu. 
  • Impressions : menampilkan jumlah tayangan yang didapatkan oleh semua konten Instagrammu. 



5. Sekarang kamu bisa klik tab content. Tab ini menampilkan data-data seputar konten akun Instagrammu. 

6. Di kolom feed posts, kamu bisa melihat konten-konten yang sudah dipublikasikan di feed Instagrammu. Klik see all. 

7. Selanjutnya terlihat semua konten yang sudah kamu publikasikan. 
  • Kamu bisa tahu berapa banyak akun yang berhasil dijangkau oleh konten tersebut. 
  • Untuk mendapatkan data lebih detail, kamu bisa klik konten tersebut. 



8. Lanjut, kamu juga menjumpai kolom stories. Kolom ini memuat data-data seputar konten di Instagram story akunmu. 
  • Di bagian reach kamu bisa mengetahui jumlah akun yang melihat foto/video pada storymu. 
  • Impressions: di sini kamu bisa melihat jumlah tayangan yang didapat oleh konten storymu. 
  • Selain itu, kamu juga menjumpai data lain seperti: exits (jumlah orang yang meninggalkan storymu), replies (jumlah balasan yang didapat), dan people insights (orang-orang yang melihat storymu). 
9. Promotions, di sini kamu bisa mengakses data seputar kegiatan promosi (iklan) yang kamu lakukan di Instagram. 

10. Lanjut ke tab audience, di bagian ini kamu bisa mengakses data seputar pengikut/audiensmu di Instagram. 
  • Kamu bisa tahu jenis kelamin mereka, usia, lokasi, jam, dan hari mereka aktif. 

Mengakses Data Konten Instagram 

Kita juga bisa mengakses data pada setiap konten yang kita unggah ke Instagam. Berikut caranya. 

1. Buka salah satu konten yang pernah dipublikasikan di akun Instagrammu. 

2. Di konten tersebut, klik tombol view insights. 




3. Selanjutnya Instagram menampilkan data seputar konten tersebut. 
  • Kamu bisa melihat jumlah like, komentar, dan simpan yang didapat oleh konten tersebut. Dari data ini kamu bisa menilai interaksi yang didapat oleh kontenmu. Makin banyak like, komentar, atau simpan yang didapat, berarti kontenmu makin ditanggapi oleh pengikut. 
  • Di bagian interactions kamu bisa mengetahui jumlah interaksi yang terjadi pada akunmu berkat konten ini. Contoh, jika kamu melihat angka 5 pada profile visits, berarti ada lima kunjungan ke profilmu yang terjadi melalui konten ini. 



  • Di bagian discovery kamu menjumpai data seputar jangkauan kontenmu. 
  • Reach: menampilkan jumlah akun yang dijangkau oleh kontenmu. 
  • Impressions: menampilkan jumlah tayangan yang didapat oleh kontenmu. Lalu juga terlihat sumber datangnya tayangan. Apakah dari home, profil, hashtag, atau sumber lainnya. 



4. Selain itu, jika kamu sudah pernah mengiklankan konten di Instagram, kamu akan dapat data lebih pada konten. 
  • Contoh tambahan datanya misal: promotion dan audience. 
  • Di bagian audience, kamu bisa mengetahui gender, usia, dan lokasi teratas para audiens yang dijangkau oleh iklanmu. 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Data dari Instagram Analytics? 

Ada banyak bentuk pemanfaatan data Instagram Insights yang bisa kita lakukan. Misalnya: 
  • Kamu bisa makin memahami kebutuhan pengikut. Berdasarkan data engagement pada konten, kamu bisa tahu konten seperti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pengikut. Setelah tahu kesukaan dan kebutuhan audiens, maka kamu bisa buat konten-konten semacam itu. 
  • Kamu bisa tahu profil pengikut. Melalui data gender, lokasi, dan rentang usia, kamu punya gambaran seperti apa pengikutmu di Instagram. Pemahaman tentang profil ini akan membantumu menyusun rencana konten ataupun strategi promosi ke depannya. 
  • Kamu bisa menguji efektivitas strategi konten ataupun strategi promosi yang kamu jalankan. Melalui data-data seperti jumlah likes, jumlah komentar, jumlah save, jumlah kunjungan profil, jangkauan, dan data-data lain, kamu bisa mengevaluasi strategi konten dan promosi yang kamu lakukan. Dengan demikian, Instagram Analytics dapat menjadi tool yang membantumu melakukan evaluasi pada strategi Instagram marketing yang kamu jalankan. 

B. Whatsapp for Business 

WhatsApp Business dan personal merupakan dua aplikasi berbeda, jadi untuk bisa menggunakan versi bisnis, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Play Store. Sebagai perkenalan, Dailysocial hadirkan 10 tips menggunakan WhatsApp Business agar adaptasi Anda semakin cepat dan pelayanan pelanggan dapat kembali berjalan normal. 

Mendaftar Akun WhatsApp Business 

Seperti halnya versi personal, WhatsApp Business juga membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Sebagai catatan, bahwa WhatsApp Business tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah atau sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, jika Anda ingin menggunakan nomor yang sama, Anda harus memilih salah satu, tetap berada di versi standar atau beralih menjadi versi bisnis. 
  • Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi WhatsApp Business dari Play Store. 
  • Setelah terpasang, jalankan aplikasi seperti biasa dan tap Agree and Continue untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Saat muncul jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa kali. 
Screenshot_2018-01-22-08-23-02-469_com.whatsapp.w4b

  • Berikutnya, masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan. 
  • Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat. Tetapi jika tetap diminta, silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang terdapat di dalam pesan tersebut. 
Screenshot_2018-01-22-08-23-37-423_com.whatsapp.w4b

  • Tahap selanjutnya, isi nama bisnis Anda, pastikan terisi dengan benar karena nama ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Dan selesai, akun WhatsApp Business Anda sudah berhasil dibuat, Anda sudah bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen. 

Screenshot_2018-01-22-08-24-41-903_com.whatsapp.w4b



Mengubah Profil Bisnis 

Profil bisnis, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka dan alamat web bisa diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu Settings – Business Settings. 

Screenshot_2018-01-22-08-30-47-505_com.whatsapp.w4b

  • Seperti yang disinggung barusan, di pengaturan tersebut Anda bisa melengkapi data perusahaan seperti lokasi kantor atau toko, kategori, foto, deskripsi dan juga situs web. Jika semua data sudah terisi dengan benar, tap tombol Save di kanan atas untuk menyimpan perubahan. 

Screenshot_2018-01-22-11-48-56-672_com.whatsapp.w4b


Melihat Statistik Pesan 

Panel statistic telah disiapkan untuk menampung informasi ini, informasi tentang berapa banyak pesan yang Anda terima dan kirimkan kepada pelanggan. Caranya, masih di menu Settings, tap menu Statistic. 

cara menggunakan whatsapp businesss_111



Membuat Away Message 

Away Message biasanya digunakan untuk membantu pelaku bisnis tetap terhubung ke konsumen ketika mereka tidak sedang di tempat atau layanan sedang tutup. Fitur ini akan memberikan jawaban otomatis ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan. 
  • Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, kemudian beri tanda centang untuk mengaktifkan fitur ini, dan edit pesan default yang sudah ada, silahkan gunakan kalimat versi Anda. Setelah selesai, tap Save untuk menyimpan perubahan. 

cara menggunakan whatsapp businesss_112


Cara Membuat Greeting Message 

Greeting Message juga membantu pengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi. 
  • Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message. 

cara menggunakan whatsapp businesss


  • Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan yang menurut Anda paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan. 

Cara Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies) 

Berikutnya, di WhatsApp Business Anda juga bisa membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal. 
  • Caranya, buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies. 
  • Defaultnya ada satu quick replies yang sudah dibuat, yaitu /thanks yang berisi ucapan terima kasih. Anda bisa menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan Anda. Terakhir tap tombol Save. Selanjutnya, setiap kali Anda mengetikkan kata kunci /maaf, maka aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang sudah Anda ketikkan sebelumnya. 

cara menggunakan whatsapp businesss_114



Mengaktifkan Fitur Enkripsi 
  • Secara default, pesan dan panggilan di WhatsApp Business terlindungi oleh prosedur enkripsi end-to-end. Namun dengan satu langkah tambahan, Anda bisa mengetahui perubahan kode dari kontak yang menghubungi Anda. 

mengaktifkan fitur enkripsi di whatsapp business


Mengaktifkan Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification) 
  • WhatsApp Business juga menerapkan sistem keamanan dua langkah jika diinginkan. Caranya, buka menu Settings – Account – Two-step Verification. 
  • Selanjutnya, tap Enable kemudian masukkan 6 digit angka acak yang nantinya digunakan sebagai PIN verifikasi. Ulangi kode yang sama saat diminta. 

Screenshot_2018-01-22-12-26-43-443_com.whatsapp.w4b

  • Tap Next dan kali ini masukkan alamat email juga sebanyak dua kali, dan selesai. Tap Done, lalu akan muncul panel baru di mana Anda bisa menon-aktifkan fitur ini mengganti PIN atau email. 
Screenshot_2018-01-22-12-27-37-328_com.whatsapp.w4b




Cara Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp Business 

Pesan broadcast merupakan salah satu media paling umum digunakan untuk menawarkan produk baru, harga promo, program paket dan lain sebagainya. Jadi, fitur ini semestinya dimaksimalkan untuk mendorong angka penjualan. 
  • Untuk membuat pesan broadcast, mudah sekali. Tap tombol menu utama, New Broadcast. 
  • Tandai kontak yang ingin dimasukkan ke daftar penerima pesan broadcast, kemudian tap ikon centang berwarna hijau. 

Screenshot_2018-01-22-12-34-48-396_com.whatsapp.w4b

  • Selesai, kumpulan kontak penerima broadcast sudah dibuat, Anda tinggal mengirimkan isi penawaran ke mereka. Seluruh kontak yang dalam posisi online, akan menerima pesan yang sama. 

Cara Menghapus Akun WhatsApp Business 
  • Terakhir, dengan alasan tertentu Anda juga bisa menghapus akun WhatsApp Business. Caranya hampir sama dengan akun personal, buka menu Setting – Account – Delete my Account. 
  • Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan ketika mendaftar akun, lalu tap Delete my Account. 
Screenshot_2018-01-22-08-31-14-518_com.whatsapp.w4b


C. Analisa Instagram Insight dengan Whatsapp Business 

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business

Teknologi yang kian berkembang turut mempengaruhi perkembangan dunia bisnis, baik itu usaha kecil maupun besar. Untuk itu, pelaku usaha dituntut agar mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. 

Kebanyakan pelaku bisnis mulai mempromosikan produknya melalui teknologi yang didukung dengan kecepatan internet. Salah satunya melalui media sosial yang setiap harinya dikunjungi mulai usia muda hingga tua dari berbagai kalangan. Belakangan media sosial populer yang dimanfaatkan untuk memasarkan dan mempromosikan produk adalah instagram dan facebook. 

Namun ternyata tak hanya itu, WhatsApp merilis aplikasi yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, yakini WhatsApp Business. Sebelumnya, WhatsApp hanyalah aplikasi berbagi atau lintas pesan yang memungkinkan penggunanya bertukar pesan tanpa biaya dengan memanfaatkan data internet. Namun kini, melalui WhatsApp dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaku usaha terhubung dengan pelanggan atau konsumennya melalui WhatsApp Business. 

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha kecil hingga perusahaan besar agar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan konsumennya. 

Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari WhatsApp Business sebagai platform yang berdiri sendiri? 


Kelebihan WhatsApp Business 

Aplikasi yang diperkenalkan dalam format beta itu hadir dengan logo baru. Jika WhatsApp Messenger berlogo telepon bergagang, WhatsApp Business tampil dengan logo huruf B, namun tetap berlatar belakang warna hijau yang telah menjadi ciri WhatsApp. 

WhatsApp Business bukan sekedar aplikasi bertukar pesan, terdapat fitur profil bisnis untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi terkait usaha Anda. Di antaranya adalah informasi terkait deskripsi bisnis, kategori, lokasi dan alamat, website dan email yang digunakan pebisnis. 

Pada WhatsApp Messenger, pengguna dapat menukar nomor telepon dan hanya satu nomor. Namun pada WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. 

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal. Sehingga, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis. 

Menariknya lagi, WhatsApp Business menyediakan tiga fitur pesan otomatis. Pertama away message. Fitur ini memungkinkan Anda membalas pesan dari konsumen secara otomatis, sehingga meski sibuk, Anda tetap bisa menjawab konsumen. 

Kemudian gretting message, yang memungkinkan Anda menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen. 

Terakhir quick replies. Dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Mudah saja, Anda cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis Anda. Saat ada pesan masuk, Anda cukup menekan simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat. Dengan ini, Anda dapat menghemat waktu. 

WhatsApp Business juga dapat memantau pesan terkirim dan yang masuk melalui statistik pesan yang disedikan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga dapat memilih kategori bisnis yang sudah terdaftar atau memilih “others” jika tidak ada pilihan untuk kategori bisnis Anda. 

WhatsApp Business melakukan verifikasi pada akun bisnis Anda melalui nomor telepon yang didaftarkan. WhatsApp Business akan memberikan centang hijau pada akun Anda jika sudah terverifikasi. 

Kelebihan lainnya, WhatsApp Business menyediakan fitur yang memudahkan Anda dalam mengelompokkan pesan. Pengelompokan pesan tersebut di antaranya prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar dan pesan selesai. 


Kekurangan WhatsApp Business 

Sebelum menggunakan WhatsApp Business, ada kekurangan yang dimiliki aplikasi ini. Aplikasi ini tidak memungkinkan penggunanya untuk mengubah nama akun bisnisnya. 

Setelah mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store, Anda akan diperingatkan bahwa nama akun bisnis tidak bisa diubah. Jadi, pastikan Anda telah memilih nama akun bisnis yang tepat. 

Kemudian, menggunakan WhatsApp Business bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Messanger. Anda bisa menggunakan keduanya dalam satu ponsel. Namun, Anda harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya. Selain itu, WhatsApp Business menyarankan penggunanya untuk tidak mengganti nomor telepon, sehingga harus menggunakan nomor telepon yang permanen. 

WhatsApp Business memang memudahkan Anda terhubung dengan konsumen. Namun, hal ini malah memungkinkan terjadinya kebocoran data pribadi Anda. Sebab, tidak sulit bagi orang lain untuk melihat data yang didaftarkan di aplikasi ini. 


Kelebihan Dan Kekurangan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online 

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram ? 

Semenjak di luncurkan sejak tahun 2013, Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini. Media sosial satu ini lebih fokus kepada layanan berbagi foto atau video yang pendek secara gratis. 

Instagram dapat menarik banyak orang yang mulai jenuh dengan media sosial lainnya. Hal ini dikarenakan Instagram menawarkan hal yang unik dan tampilan yang sederhana. 

Banyak fotografer desainer, seniman atau pebisnis mulai memanfaatkan Instagram dengan menghasilkan konten yang berkualitas untuk memasarkan produk mereka. 

Dengan menggunakan konten visual memungkinkan sebuah brand atau produk dapat mengembangkan reputasi atau citra mereka. 


Kelebihan Instagram 

Terdapat banyak kelebihan Instagram yang dapat dinikmati penggunanya karena instagram dapat support dengan dengan beberapa konten seperti gambar, muliti gambar, video pendek dan juga teks. 

Dengan support dengan beberapa media tersebut membuat pebisnis online menjadi lebih fleksibel untuk berpromosi. 

Ada beberapa kelebihan Instagram lainnya untuk bisnis online anda di antaranya : 

1. Gratis atau tidak berbayar 
Kelebihan nomer satu dari Instagram adalah anda dapat menggunakannya secara gratis. Cukup dengan mendownload aplikasi di smartphone kemudian anda dapat mendaftar akun. Anda dapat menggunakannya sepuasnya tanpa harus membayar sejumlah uang kepada Instagram. 

Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi anda yang baru memulai bisnis online anda karena tidak harus mengeluarkan uang untuk membuat toko online.

2. Instagram memiliki banyak pengguna 
Instagram merupakan platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda. Dengan banyaknya pengguna Instagram tentunya dapat membuat promosi yang dilakukan oleh anda memiliki kemungkinan banyak dilihat. 

Dengan banyaknya pengguna Instagram ini juga membuat anda bisa memperoleh konsumen dari berbagai daerah dengan cara berpromosi yang murah dan mudah. 

Dalam berpromosi di Instagram dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penggunaan hashtag, sistem endorse ataupun menggunakan iklan. 

3. Memungkinkan anda memasukkan contact person 
Fasilitas instagram yang sangat membantu dalam berbisnis online adalah Instagram memungkinan anda untuk memasukkan nomor telpon, alamat email dan alamat toko fisik bisnis anda. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi anda. 

4. Terdapat tools untuk melihat pengunjung anda. 
Instagram juga memberikan tools wawasan dasar mengenai data postingan dan data follower anda. 

Dengan menggunakan wawasan yang diperoleh dari tools tersebut anda dapat menganalisa konten dan juga perkembangan brand anda di Instagram. 

5. Mudah dalam penggunaannnya. 
Kelebihan Instagram lainnya anda tidak memerlukan pengetahuan tentang pembuatan website ataupun SEO. Anda hanya fokus pada pembuatan konten atau sarana promosi yang berkualitas.
Dengan kemudahan ini tentunya setiap orang dapat menggunakan Instagram dengan mudah. 

Cara paling mudah dalam berpromosi di Instagram adalah dengan mengambil foto atau gambar yang menarik. Kemudian lengkapi dengan keterangan detail pada kolom caption. Untuk mempermudah calon konsumen menemukan anda maka gunakan hashtag yang relevan dan populer. 

6. Dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya dengan mudah. 
Penggunaan Instagram juga memiliki kelebihan yaitu dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya seperti Facebook. Tentunya ini akan mempermudah anda dalam melakukan posting ke beberapa media sosial. 


Kekurangan Instagram 

Selain memiliki berbagai kelebihan dan manfaat Instagram sebagai media pemasaran, Instagram juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan Instagram sebagai media pemasaran diantaranya : 

1. Persaingan sangat ketat 
Dengan mudahnya untuk membuat akun Instagram membuat banyak orang menggunakan Instagram. Tentunya ini akan membuat tingkat persaingan pemasaran di Instagram semakin ketat. 

Konsumen akan memiliki banyak pilihan toko online di Instagram. Untuk itu anda harus menggunakan strategi pemasararan yang baik juga di tunjang dengan pelayanan, harga serta jaminan kualitas barang. 

2. Banyak spamming di Instagram 
Kemudahan kita dalam berinteraksi di Instagram menyebabkan banyak spamming terutama pada kolom komentar. Hal ini tentu dapat berdampak buruk terhadap reputasi akun Instagram bisnis anda. 

3. Durasi video yang di upload di Instagram hanya 1 menit / Story 15 detik 
Ketika anda hendak berpromosi menggunakan video pasti akan terkendala dengan durasi yang pendek. Tentunya ini akan menjadi kendala jika anda harus menjelaskan produk anda secara detail. 

4. Foto yang ditampilkan berukuran kecil 
Mungkin anda sering melihat foto di Instagram terlihat sangat kecil dan sulit untuk terlihat. Namun banyak toko online yang mengatasinya dengan menggunakan foto-foto yang berkualitas dan fokus pada produk mereka. kemudian mereka menjelaskan secara secara detail di kolom caption. 

5. Harus selalu update atau posting konten agar terus terlihat timeline 
Sama seperti dengan media sosial lainya, Instagram juga memiliki timeline yang terus berjalan dengan cepat. Jika anda tidak update maka akun Instagram anda akan tidak terlihat di timeline. Ini akan membuat follower anda tidak memperhatikan promosi anda di Instagram bisnis anda. 




Referensi : 





0 komentar:

Clock

Gunadarma University

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.